Camcorder dengan Harddisk Lega ada Pada Sony HDR-SR12

Anda yg kerap merekam video berkali-kali mungkin kesal bila sementara waktu-sebentar wajib  mengganti media kaset, DVD, atau kartu memori buat menyimpan output rekaman. Camcorder menggunakan media harddisk menjadi lebih ideal lantaran kapasitasnya cenderung besar  sehingga bisa leluasa merekam lebih lama  . Sony pada kuartal ke 2 ini pula meluncurkan seri HDR-SR12, camcorder perekam video defenisi tinggi penuh (Full HD) dengan harddisk 120GB yang paling lega untuk saat ini.

Dibandingkan beberapa camcorder lain yg masih menggunakan harddisk 60GB, HDR-SR12 memang unggul pada hal kapasitas. Dengan sistem kompresi AVCHD, penggunanya sanggup merekam video HD sampai durasi 48 jam.

Inilah handycam HDD generasi ketiga Sony yg memakai sensor ClearVid CMOS sistem baru. Sensor ini mengimplementasikan teknologi Exmor dalam sensor buat meminimalkan noise pada video, sekaligus mempercepat pembacaan datanya. Proses ini amat penting buat menghasilkan rekaman Full HD (1920x1080i pixel) yang mulus. Sayang dalam SR12 ini mode videonya masih interlace (i), bukan progressive (p).

Selain teknologi buat video, SR12 juga menaikkan keampuhan merekam gambar membisu (foto) dengan menggunakan sistem yang kerap diterapkan pada kamera digital. Di antaranya adalah Face Detection yg berfungsi mengoptimalkan pixelpada bagian wajah manusia (aporisma 8 paras) sebagai akibatnya fotonya tampak lebih natural.

Selain itu terdapat juga fitur D-Range Optimizer buat menerima foto yg seimbang dengan memperkuat cahaya & warna dalam bagian gelap, sekaligus mereduksi rona/cahaya yg terlalu bertenaga. Oh ya, SR12 mengungkapkan kemampuan merekam foto sampai 10,2 megapixel, angka ini hanyalah output interpolasi aplikasi karena sensor aslinya sendiri hanya lima megapixel.

Meskipun disiapkan sebagai perekam Full HD, SR12 tetap bisa merekam dalam format DVD menggunakan pilihan layar normal maupun wide (rasio 4:3 dan 16:9). Selain pada harddisk, dimungkinkan juga menyimpan foto & video dalam Memory Stick Pro Duo yg sekarang tersedia dalam kapasitas 16GB. Anda yang getol merekam secara manual akan senang  dengan tersedianya kontrol manual melalui tombol dial pada dekat lensa yang menyediakan pilihan buat mengatur fungsi fokus, pencahayaan, AE shift, dan WB shift.

Banyaknya fitur dalam HDR-SR12 berakibat produk ini lebih unggul dibandingkan kompetitor. Anda mungkin juga tahu, reproduksi rona produk Sony sulit didebat berkat sistem x.V.Color yang membentuk rona nyaris 2x lipat camcorder konvensional sehingga image mampu tampil amat tajam dan seperti dengan kemampuan mata manusia. Kemampuan rekam gerak lambat mencapai 240 frame pada 12 dtk amat mengesankan, persis efek slow motion pada film terkenal The Matrix.

Fitur unik Zoom Mic juga amat bermanfaat dalam merekam bunyi obyek yang jauh tanpa harus repot mendekati obyek. Berbekal kekayaan teknologi inilah Sony HDR-SR12 sebagai galat satu camcorder digital yg amat kompetitif meski harga jualnya tergolong mahal.