Mancari Uang Lewat Google Adsense

Meraup uang dari Internet beraneka caranya. Yang paling menarik hati memang yang haram, seperti carding & aneka penipuan impian. Tetapi sebenarnya pilihan yang halal masih banyak, bahkan bisa diraih menggunakan mudah.

Salah satunya merupakan dengan memanfaatkan situs eksklusif atau situs yg Anda kelola. Bisa situs portofolio karya, situs komunikasi, bahkan weblog sekalipun. Caranya? Gampang. Jadikan area pribadi Anda pada jagat maya tadi sebagai “baliho” atau “plang iklan” virtual.

Siapa yg mau pasang iklan pada website pribadi? Search engine beken nan akbar, Google.Com, menyediakan dananya buat Anda & netter lainnya yg bersedia memampang iklannya. Lewat fasilitas AdSense, Google menebar iklan-iklannya.

Apa itu AdSense?

Google AdSense adalah layanan iklan yang bisa menciptakan situs pribadi Anda bak area pinggir jalan raya yang berprospek untuk dipasangi plang billboard atau majemuk baliho. Itu artinya terdapat uang sewa buat area tadi yang sanggup Anda punguti.

Teknologi di belakang AdSense dikembangkan oleh firma IT WordNet, Simpli, & sejumlah profesor dan mahasiswa lulusan Brown University, AS. Selanjutnya, variasi pengembangan teknologi dari Wordnet ini dikembangkan lagi oleh Oingo, sebuah situs pencari yang didirikan dalam 1998. Setelah berubah nama sebagai Appled Semantic, situs pencari berskala mini   itu kemudian dibeli Google dengan dana US$ 102 juta dalam April 2003.

Prinsip berdasarkan layanan ini sebenarnya mudah. Anda cukup menyediakan area di situs pribadi buat pamflet iklan. Pilih jenis iklan yg cocok & sinkron dengan situs, kemudian pasang aplikasi javascript dari Google AdSense setelah mendaftar. Selanjutnya, apabila terdapat pengunjung situs Anda yg mengeklik link atau hanya melihat iklan tadi, maka Anda mendapat ongkos iklan.

Semakin poly pengeklik link iklan tadi, pemasukan Anda semakin bertambah. Karenanya, semakin poly pengunjung situs, kemungkinan bertambahnya pemasukan iklan Anda terbuka.

 Bagaimana supaya pengunjung situs semakin poly? Salah satunya, Anda sanggup mengatasinya menggunakan mengelola konten situs agar tampil menarik dan diminati, tentu secara kontinu. Ya, ini memang tidak semudah menjetikkan tangan. Butuh kreativitas.

Aneka Pilihan AdSense

Ada beberapa jenis bentuk layanan AdSense yang bisa dimanfaatkan. Pertama adalah bentuk AdSense for content. Link situs atau output pencarian pribadi tertera di isi pada sebuah artikel atau bahasan dalam situs. Iklan link Google ini umumnya bertema sama menggunakan artikel atau tema situs yang sebagai area iklannya.

Ada pula yang berbentuk AdSense for Search, pada mana pengelola situs menyediakan kotak pencarian Google buat para pengunjungnya. Jika website Anda mempunyai versi mobile yang bisa diakses melalui ponsel, manfaatkan pula AdSense for mobile supaya situs Anda sanggup berkolaborasi menggunakan Google mobile.

Ada juga fasilitas Referral, pada mana Anda sanggup meraup uang dengan mereferensikan layanan dan servis Google kepada pengunjung situs. Kini Google pula tengah berbagi AdSense for feed, pada mana fakta iklan disampaikan melalui RSS feed & juga AdSense for Video yang akan menampilkan iklan dalam wujud gambar beranjak.

Pendapatan Dollar

Persyaratan untuk menggunakan layanan ini mudah. Tak dipungut bayaran, alias gratis buat pendaftarannya. Sebaliknya, Anda akan dibayar. Syaratnya Anda wajib  mendaftarkan diri & memberikan kesediaan memajang iklan.

Berapa sih Google akan membayar Anda? Hmm, buat satu ini memang tergantung berdasarkan jumlah pengunjung situs. Semakin banyak & populer situs Anda, Google akan menghargainya lebih tinggi. Hal ini jua tergantung berdasarkan tawaran klien pengiklan Google terhadap situs Anda.

Hitungannya memang tidak dipaparkan detil, kecuali untuk konsep layanan Referral. Tetapi, Anda bisa terus memantau pendapatan lewat akun yg tersedia sesaat setelah Anda mendaftar. Secara umum, konsep penarifan AdSense terbagi dua. Bisa berdasarkan jumlah pengakses atau pengeklik iklan yg terpampang pada situs (diklaim CPC atau cost per click), atau jumlah intensitas tampilan iklan pada laman situs (dianggap CPM atau cost per impressions). Untuk opsi ke 2, umumnya ongkos iklan dihitung per 1000 tampilan.

Apabila Anda memakai layanan referrals, hitungan pendapatannya telah paten meskipun hitungan tarifnya bhineka. Misalnya, apabila ada pengunjung situs yg mendaftarkan diri ke AdSense lewat situs Anda, dan Anda jua seudah mencapai pendapatan US$ 100 pada 180 hari, maka insentif tambahan sebesar US$ 100 lagi akan dikirimkan ke akun. Andaikan terdapat pengunjung situs yg akhirnya memakai toolbar Google buat browser Firefox-nya, Anda berhak menerima US$ 1 per pengguna.

Pembayaran dilakukan setiap Anda meraup laba  per US$ 100. Setelah mencapai jumlah tadi atau lebih, bayaran akan dikirimkan dalam akhir bulan berikutnya. Seebelumnya Google akan mengonfirmasikan hal ini kepada Anda.

Proses pembayarannya terdapat 3 cara, yaitu melalui cek yang akan dikirimkan ke alamat Anda dan mampu dicairkan dalam bank eksklusif; lewat Electronic Funds Transfer pada mana dana akan dikirimkan langsung ke rekening Anda pada sebuah bank (misalnya proses transfer dana biasa secara elektronik); dan melalui dana tunai layanan pengiriman uang Western Union. Sejumlah bank lokal menyediakan layanan Western Union tadi.

Tetapi, buat mendapatkan bayaran, keterangan detil mengenai Anda memang sebagai syarat wajib , seperti menaruh alamat lengkap & nama asli, mengisi formulir pembayaran, sampai menyerahkan data harus pajak. Benar lho. Apabila nir terdapat data tentang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Google enggan membayar Anda, meskipun tidak bertempat tinggal di ASt.

Google AdSense ini memang misalnya “iseng-iseng berhadiah”. Dengan mendaftar, mampu jadi Anda memiliki tabungan dadakan atau harta karun terpendam yg bisa tiba kapan saja. Apabila tertarik, segeralah mendaftar (lihat panduannya daam boks). Namun pastikan, Anda berniat mengelola isi situs Anda menggunakan menarik agar pengunjung makin ramai mengunjungi. Lagipula, memang itu syaratnya.