Menikmati Musik dengan Samsung SGH-i450 yang Elegan

Jika dicermati sekilas, Samsung SGH-i450 memang dimaksudkan menjadi ponsel musik yg menyediakan musik player sebagai fitur primer. Namun, lebih berdasarkan sekadar ponsel buat penikmat musik, seri terkini Samsung yg baru masuk ke pasaran Indonesia ini tidak mengorbankan fitur-fitur multimedia lainnya.

Dengan dimensi 10,1 x 5,dua x 1,78 centimeter, SGH-i450 relatif nyaman digenggam satu tangan meskipun untuk navigasi lebih bebas dengan 2 tangan waktu posisi lansekap. Layar TFT 262.000 rona menggunakan teknologi QVGA dua,4 inci & resolusi 240 x 320 pixel cukup lebar dan tajam buat melihat navigasi hidangan dan output tampilan.

Ketajaman layar & ukuran alfabet  bisa diatur sesuai keinginan. Tombol navigasi utama di bagian bawah layar relatif akbar buat memudahkan navigasi seperti tombol OK, tombol sajian, clear, dan tombol sambung & matikan. Pada bagian atas terdapat tombol buat menyalakn dan mematikan speaker dan slot buat headset 3,5 milimeter. Port buat memori eksternal microSD dan pengatur suara terletak di sisi kiri. Camera shutter dan port charger pada sisi kanan. Kamera primer di bagian belakang & kamera sekunder di depan bagian kanan atas.

Ponsel ini menyediakan mekanisme dual slider, geser ke atas buat menampilkan tombol keypad & geser ke bawah buat menampilkan navigasi musik dan speaker eksternal. Begitu digeser ke bawah, layarnya langsung menampilkan navigasi berbentuk setengah bundar pada posisi lansekap. Speaker eksternal yang tersembunyi di sisi bagian bawah seketika pula tersingkap.

Navigasi musik yang diberi nama touch wheel navigation ini, seperti roda yang hanya tampak 1/2 bagiannya saja di layar, memudahkan pengguna mengatur musik yg akan dimainkan. Apakah akan memilih musik menurut album, penyanyi, playlist, atau semua lagu yg terurut, seluruh bisa dilakukan. Pilihan equalizer sesuai jenis musik jua tersedia.

Suara yg keluar menurut speaker eksternal jernih sehingga nir memalukan buat dimainkan keras-keras pada depan umum. Untuk menikmati alunan musik lebih memuaskan pakai earphone namun hanya pengguna yg bisa menikmatinya. Dengan speaker eksternal, musik bisa dinikmati bersama-sama. 
Multimedia

Tidak hanya musik, Samsung SGH-i450 pula menyediakan akses layanan multimedia. Dengan menggeser balik  ke atas, hidangan di layar langsung berubah berdasarkan navigasi musik ke sajian utama tanpa mematikan musik yg sedang dimainkan. Pada posisi ini giliran tombol-tombol nomor  yang tersingkap pada bagian bawah.

Keypad yg datar agak sedikit menyulitkan pengguna yg biasa memakai tombol menonjol. Namun, ukuran setiap tombol yg akbar & dibatasi menggunakan pinggiran menonjol relatif buat menghindari kesalahan. Lampu backlighting di bawah tombol sangat membantu risiko ini ketika menggunakanya pada kegelapan.

Di layar hidangan utama, pengguna pribadi disuguhkan hidangan-hidangan penting yang spesial   Symbian. Ponsel Samsung yg satu ini memang menggunakan sistem operasi Symbian terkini S60 versi 3 yang dikenal dengan kemudahan navigasinya. Pada bagian bawah masih ada ikon Google yg akan menyediakan langsung menu pencarian pada layar begitu Anda menekan bagain atas tombol navigasi primer. 

Akses Internet sangat menyenangkan dengan ponsel ini apalagi dengan dukungan teknologi HSDPA yang menyediakan akses kecepatan tinggi di jaringan 3G. Halaman web timbul hanya dalam hitungan dtk dan tampil sempurna layaknya di layar komputer. Gambar-gambar animasi dengan flash jalan menggunakan baik. Navigasi web tersedia pada posisi portrait juga lansekap. Tampilan web bisa diatur pada posisi preview sebagai akibatnya dapat ditampilkan utuh pada layar dan bisa dipilih bagian mana yang akan ditampilkan pada layar menggunakan ukuran normal. 

Fitur multimedia lainnya merupakan kamera. Pada bagian belakang masih ada kamera 2 megapixel menggunakan pilihan resolusi berdasarkan 320 x 240 hingga 1600 x 1200. Kamera dilengkapi fitur flash, digital zoom, self-timer, white balance, brightness control, & color tones. Di bagian depan pula terdapat kamera lagi yg berfungsi utama saat melakukan video call di jaringan 3G. Tetapi, kamera ini dapat juga digunakan untuk memotret diri sendiri menggunakan resolusi lebih kecil yakni 176 x 144 & 352 x 288.

Kamera utama dapat dipakai buat merekam video tanpa batas. Sayang memori internal yang disediakan hanya sekitar 35 MB sehingga pengalaman merekam foto dan video tidak memuaskan jika hanya mengandalkan memori internal. Sebagai soluisnya tersedia slot memori microSD pada slot memori eksternal yg pada pasaran sudah tersedia hingga 4 GB. Untungnya, dalam penjualan resmi pada Indonesia, memori eksternal telah disediakan mulai menurut 1 GB buatan Kingston sehingga pengguna tak perlu repot mencari memori tambahan. 

Pengalaman baru yang mungkin tak tersedia di ponsel lainnya merupakan mengedit video. File video yg dibuat tak hanya bisa dimainkan menggunakan RealPlayer namun juga dapat disunting. Jadi, siap-siap menjadi produser film dadakan menggunakan ponsel ini. Lalu lintas data menurut ponsel ke komputer sangat mudah dilakukan menggunakan kabel data USB yg bersifat plug and play maupun Bluetooth.

Selain fitur-fitur multimedia, SGH-i450 jua dilengkapi FM Radio baku, voice recorder, Quickoffice buat membaca file-file word, excel & powerpoint, Adobe document viewers buat membuka pdf. Di SGH-i450 pula tersedia Assisted GPS, navigasi posisi berbasis BTS.

Meski dibuat sebagai ponsel musik, Sasung SGH-i450 tidak sekadar untuk menikmati musik. Dengan produk ini, Samsung kelihatannya tengah berevolusi buat menyediakan ponsel-ponsel yang menyediakan full multimedia experience misalnya yang telah dilakukan produsen lainnya.