Nikmatnya Kaledo dan Pisang Geppe Sambal Kacang dari Donggala

Pulau Sulawesi jua menyimpan ragam hidangan sup yg menggugah kesukaan. Bila anda berkunjung ke Donggala, Sulawesi Tengah, belum lengkap cita rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya, kaledo. Kaledo adalah sup tulang kaki sapi yang pada dalamnya masih ada sumsum. Rasanya legit. Kaledo selama ini dikenal menjadi singkatan menurut ‘kaki lembu donggala’. Padahal, sebenarnya kaledo berasal dari bahasa Kaili, bahasa penduduk Palu, yang berarti ‘tidak keras’. ‘Kaki lembu donggala’ hanyalah plesetan rakyat saja, walaupun memang kaledo adalah kuliner yang asal menurut tulang kaki sapi.

Daging pada kaledo memang melalui proses perebusan yang panjang sebagai akibatnya nir keras ketika digigit. Kuah kaledo adalah kuah kaldu sup biasa tanpa santan. Kuah bening itu berbumbu sederhana, yakni asam, garam, & cabe segar. Kaledo pula tersaji menggunakan sedotan supaya penikmatnya bisa langsung menikmati sumsum yang terdapat pada pada tulang. Kaledo biasa dimakan menggunakan ubi panaskan. Tetapi waktu ini, sudah banyak tempat tinggal   makan pada Donggala yang menyajikan kaledo menggunakan nasi. Kaledo juga terbagi dalam 2 jenis, yaitu menggunakan tulang dan tanpa tulang.

Dahulu, kaledo adalah galat satu sajian kehormatan di kalangan para bangsawan Palu. Kini kaledo bisa ditemukan menggunakan mudah di tempat tinggal   makan-tempat tinggal   makan pada Donggala, Palu, & kota-kota pada Sulawesi lainnya. Rata-homogen satu mangkok kaledo dengan tulang dibanderol dengan harga Rp 50 ribu dan kaledo tanpa tulang Rp 35 ribu. Meski lebih mahal, kaledo menggunakan tulang lebih banyak dicari pecinta kuliner karena sensasi menyedot sumsum yg nikmat.

Makanan spesial   lainnya dari Donggala yang patut dicoba merupakan pisang geppe sambal kacang. Jika pada Palu pisang geppe atau pisang goreng seringkali didampingi sambal terasi dan sambal gula merah, maka pada Donggala, pisang geppe dinikmati beserta sambal kacang. Sambal kacang yg tersaji tak ubahnya sambal kacang buat gado-gado atau sate. Rasanya tidak perlu diragukan, gugusan antara rasa pisang yang cantik dan sambal kacang yang gurih nan pedas, membuat ketagihan. Satu porsi pisang geppe sambal kacang relatif bisa pribadi dinikmati menggunakan harga Rp 10 ribu per porsi.