Kunjungi Wisata Religi Kahyangan yang Unik di Wonogiri

Masyarakat Jawa memang bisa dibilang unik pada hal kepercayaannya. Meskipun sebagian besar  warga  Jawa mengaku muslim tetapi aneka macam praktek berupa ritual, upacara tata cara, lelaku dsb masih poly dilakukan hingga kini  . Ada banyak sekali loka di Pulau Jawa yang sering dijadikan menjadi loka ritual buat rakyat eksklusif, galat satunya merupakan yg terdapat pada Wonogiri Jawa Tengah. Tempat wisata yg akan kita bahas kali ini merupakan sebuah wisata religi terutama untuk rakyat kejawen, yang sering dijadikan menjadi loka ritual pada kabupaten Wonogiri yaitu di Kahyangan. Sebagian orang menyebutnya dengan Kayangan.

Tempat wisata Kahyangan merupakan sebuah daerah yg terdapat di Wonogiri di tengah hutan alam yg masih asri. Di lokasi ini perbedaan makna mistis sangat terasa. Tempat ini mempunyai daya tarik terseniri buat dijadikan menjadi loka bermeditasi lantaran berdasarkan kepercayaan  warga , Kahyangan merupakan petilasan Panembahan Senopati sebelum menjadi Raja Mataram. Pada ketika itu Danang Sutowijoyo, Nama mini   Panembahan Senopati menginginkan buat sebagai raja pada tanah jawa. Beliau kemudian bertirakat, bersemedi di kahyangan tersebut. Di pada semedinya Danang Sutowijiyo bertemu menggunakan Nyi Roro Kidul yang adalah penguasa Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul kemudian mengadakan perjanjian menggunakan Sutowijoyo buat membantu menjadi raja. Hal itu lah yg kemudian membuahkan Kerajaan Mataram yg dipimpin Sutowijoyo disegani daerah lain di Nusantara. Kerajaan Mataram merupakan Kerajaan di tanah jawa yang berdiri selesainya Kerajaan Pajang yg dipimpin Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir mengalami kehancuran. Kerajaan mataram ini yg dikemudian hari melahirkan Kasultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta dimasa sekarang.

Kahyangan memiliki enam bagian tempat yg telah sangat populer yaitu Sela Betek, Sela Gapit/Penangkep, Sela Payung, Sela Gilang/Pesalatan, Sela Gawok & Pemandian Kahyangan yang tidak lain adalah rendezvous dua arus sungai yg dalam bahasa jawa disebut menggunakan nama Kedung. Di dalam kedung ini lah poly dilakukan laku  kungkum sang rakyat yg bila dilakukan dipercaya bisa membantu terkabulnya segala impian.

Demikian tersebut sekilas mengenai tempat wisata religi yg terdapat di Wonogiri yaitu Kawasan Kahyangan. Terlepas berdasarkan itu semua, segala bentuk ritual yg dilakukan warga  merupakan output dari kepercayaan  mereka sendiri. Bagi anda yg nir percaya menggunakan banyak sekali ritual ini relatif mempelajarinya sebagai pengetahuan.